Cara Memperbaiki Rem Mobil Yang Berbunyi

Category : Tips Mobil
Cara Memperbaiki Rem Mobil Yang Berbunyiby HJS_Adminon.Cara Memperbaiki Rem Mobil Yang BerbunyiMari Kenalin dan Perbaiki Rem yang Berbunyi Merawat sebuah mobil, bukan hanya tanggung jawab seorang mekanik Karena sejatinya yang memakai mobil sehari-hari adalah kita maka kitalah yang harus merawatnya dengan lebih serius. Nah ngomong-ngomong soal perawatan mobil, kali ini kita akan ngobrol tentang masalah mobil yang sering kali kita temukan pada mobil kita. Apalagi di […]

Mari Kenalin dan Perbaiki Rem yang Berbunyi

Cara Memperbaiki Rem Yang Berbunyi

Merawat sebuah mobil, bukan hanya tanggung jawab seorang mekanik Karena sejatinya yang memakai mobil sehari-hari adalah kita maka kitalah yang harus merawatnya dengan lebih serius. Nah ngomong-ngomong soal perawatan mobil, kali ini kita akan ngobrol tentang masalah mobil yang sering kali kita temukan pada mobil kita. Apalagi di musim hujan seperti ini.

Rem Berdecit Malu dan Bahaya

Nah salah satu masalah yang sering kita hadapi di Musim hujan seperti ini adalah terkadang rem jadi berbunyi tidak enak. Mending kalau pas ngerem tiba-tiba ada lagu dangdut, eh ini ada bunyi berdecit keras yang membuat enek pendengarnya.

Kalau kita lagi sendiri sih mungkin ga tengsin, tapi bayangin kalau kita lagi bawa si Do’i haduhh.. tengsin berat cuy.. serasa bawa mobil jadul yang ga diurus.. Malu Abis..

Selain malu, bunyi pada saat pengereman juga sebenarnya bisa memberikan indikasi bahaya pada sistem pengereman kita, yang secara tidak langsung berkata “hoy Om, rem mobil udah ga beres nih buruan di cek” Begitu deh kira-kira.

Lihat Juga : Daftar Club Mobil Low Cost Green Car

Ada Bunyi Rem yang Normal Ada Yang Engga

Nah sebelum sobat HJS panik karena sistem pengereman sobat kok malah bersuara sumbang (Bukan Doel Sumbang), sobat harus mengerti dulu bahwa sebenarnya ada bunyi rem yang standar dan bunyi rem yang menandakan abnormalitas (Ceila bahasanya).

Bunyi standar akan keluar kalau Anda melakukan pengereman secara perlahan. Bunyinya halus dan saya yakin Anda pasti mengenalinya. Dan bunyi tersebut tidak akan keluar kalau Anda melakukan pengereman secara mendadak.

Kalau bunyi berdecit yang dimaksud disini adalah bunyi yang setiap kali kita menggunakan rem, kok pasti ada bunyi seperti bunyi curut. Gitu Lho.

Ini Dia Penyebabnya Rem Menjadi Berbunyi

1 Rem Kotor

Yup ini biasa terjadi di musim hujan, apalagi jika jalur yang kita lewati agak berlumpur. Solusinya tentu cukup mudah, yakni tinggal membawa mobil kita ke steam mobil dan biarkan kering hingga beberapa saat. Biasanya kalau cuma kotor dengan cara ini bunyi decit pada saat pengereman biasanya sudah hilang dan kita bisa lega. Namun kalau tidak, yuk kita lihat ke bawah.

Lihat Juga : Memperbaiki Rem Yang Harus Dikocok

2 Sistem Remnya Macet

Hal ini dapat dikenali selain dari bunyi (Haduh susah diceritain bunyinya gimana), Anda juga dapat merasakan bahwa si rem tadi setelah selesai di tekan dan sudah diangkat. Eh kok terasa masih berat serasa masih ngerem. Kalau ini yang terjadi maka kemungkinan besar sistem rem Anda perlu diperiksa lalu diganti. Sebab indikasinya adalah si piston rem tadi sudah tidak normal.

3 Kanvas Rem Sudah Aus

Kalau yang ini biasanya ditandai dengan setiap basah dikit aja sudah pasti bunyi deh itu remnya, bunyinya agak seperti menyelekit gitu deh. Makanya disarankan untuk mobil yang dipakai harian, sekitar 2-3 bulan coba deh periksa si kanvas tadi, apakah sudah aus ataukah belum. Karena kanvas rem yang sudah aus selain menimbulkan bunyi tidak enak, nantinya juga akan menimbulkan kerusakan pada cakram.

Lihat Juga : Kenapa sih Harus Join Club Mobil?

4 Cakram Rem Tidak Rata

Kalau penyebab yang ini bisa ditandai dengan saat mengerem selain bunyi sobat akan mendapatkan hadiah getaran (Walau tidak sehebat gempa hehe). Soal getarannya segimana, tentunya sobat akan memiliki feel sendiri-sendir. Namun yang pastinya jika ini yang terjadi, maka sobat bisa segera datang ke bengkel atau mencari tukang bengkel bubut langganan sobat. Untuk meratakan kembali si cakram tadi atau piringannya.

Walau bisa diratakan dengan proses bubut atau gerinda halus, namun tetap disarankan diganti deh itu cakrammnya. Sebab solusi bubut tadi hanya sementara aja untuk memperlama umur pemakaian dan setelah solusi ini dilakuakan sobat sebaiknya segera menyiapkan dana untuk menggantinya dengan cakram rem yang baru.

 

nah itu dia sobat sedikit celoteh dari bang kucen tentang kenapa si rem mobil berbunyi dan solusinya. Mudah-mudahan sobat HJS mania disini bisa terbantu dengan artikel ini.

 

Salam Satu Aspal, Dan Salam Ganteng

 

 

Bang Kucen

 

Honda Jazz Club Indonesia

Author: 

HJS adalah Club mobil yang siap menerima Anda dengan penuh persahabatan. Siapa saja boleh ikut kok selama punya honda jazz. :)

Related Posts

Leave a Reply