3 Masalah Penyebab Rem Harus Dikocok

Category : Club Mobil Indonesia, Tips Mobil
3 Masalah Penyebab Rem Harus Dikocokby HJS_Adminon.3 Masalah Penyebab Rem Harus Dikocok3 Masalah Penyebab Rem Harus Dikocok Memiliki sebuah mobil, bukan hanya berpikir tentang cara mengendarainya saja. Namun kita juga harus berpikir tentang cara perawatan dan juga faktor safety didalamnya. Karena tidak seperti motor, pada mobil jika ada kesalahan faktor perawatan atau safety sedikit saja maka bisa berakibat fatal. Salah satunya adalah Rem pada mobil yang […]

3 Masalah Penyebab Rem Harus Dikocok

Tidak ada waktu lagi ANda harus segera mengerem

Memiliki sebuah mobil, bukan hanya berpikir tentang cara mengendarainya saja. Namun kita juga harus berpikir tentang cara perawatan dan juga faktor safety didalamnya. Karena tidak seperti motor, pada mobil jika ada kesalahan faktor perawatan atau safety sedikit saja maka bisa berakibat fatal.

Salah satunya adalah Rem pada mobil yang terkadang harus dikocok terlebih dahulu sebelum bisa mengerem. Ya masalah ini dulu pernah dialami oleh saya pribadi ketika mengendarai mobil Mitsubishi Kuda milik Ayah saya. Karena pada awalnya saya tidak tau, saya mengira bahwa rem mobil tersebut blong hasilnya saya panik luar biasa ketika laju kendaraan tak kunjung melambat setelah menginjak rem. Untungnya co-pilot saya kang Usep segera menginfokan untuk mengocok rem tersebut. Dan hasilnya Alhamdulillah bang kucen bisa selamat sampe rumah. T_T

Rem Di Kocok Tidak Boleh Dibiarkan

Masalah rem yang harus dikocok-kocok sebenarnya tidak boleh dibiarkan. Mungkin bagi kita si pemilik mobil, karena sudah tau dengan masalah tersebut maka kita bisa tenang-tenang saja. Namun apa jadinya kalau teman kita yang meminjam mobil tidak tahu akan keadaan tersebut, wah bisa berabe dan bahkan bisa berakhir dengan kematian. Gaswat dude.

Ditambah lagi, akan ada masa dimana suara tak bisa keluar dari mulut kita eh salah itu mah lagu Bimbo.. hehe.. Maksudnya akan ada masanya dimana sobat sebagai pemilik mobil tidak memiliki cukup waktu untuk mengocok rem mobil sebelum kendaraan melambat dan hal ini bisa berakibat fatal. Misalnya ketika sobat melaju kencang di jalan kosong dan tiba-tiba ada orang melintas, maka kemungkinan kecelakaan akan lebih besar. Makanya masalah ngocok ngocok rem ini tidak boleh dibiarkan ada.

Lihat Juga :Ternyata Pembalap Rio Haryanto Hobi Yasinan

Pahami Dari Mana Datangnya Masalah Rem Harus Dikocok

Nah, sebelum kita mengambil keputusan service mobil. Agar jangan tertipu maka kita harus tau tentang apa sih masalah sebenarnya dari rem kita ini. Dan kenapa masalah ini terjadi, sehingga kita dapat mengambil keputusan yang tepat untuk mengatasi persoalan ini.

Adanya Udara Dalam Sistem Pengereman

Udara adalah si biang kerok yang bisa Anda salahkan ketika mobil Anda tiba-tiba harus dikocok baru bisa melakukan pengereman. Udara inilah yang membuat tekanan dari pedal rem tidak bisa langsung diteruskan ke masing-masing silinder roda. Dengan menekan dan melepas berulang-ulang, udara di dalam sistem rem akan terkompresi. Barulah kemudian tekanan pedal rem bisa sampai ke silinder roda. Namun datangnya udara ini tidak semerta-merta ada begitu saja, tentu ada penyebabnya. Dan berikut ini adalah 3 penyebab utama kenapa si Udara bisa ada di sistem pengereman Anda yang berakibat si rem tadi harus di Kocok.

1 Apakah Minyak Rem Yang Anda Gunakan Sesuai

Yup, setiap mobil memiliki spesifikasi dan ketentuan sendiri-sendiri yang kita kadang tidak bisa mengerti dengan cepat kecuali setelah menggunakan mobil tersebut selama bertahun-tahun. Salah satunya yang kadang kita suka lalai  adalah tentang minyak rem yang kita gunakan.

Saat melakukan tune up mobil, kadang kita iya-iya saja saat sang mekanik menyarankan menggunakan minyak rem jenis tertentu alasannya banyak orang pakai dan cocok. Padahal bisa jadi disitulah akar masalah dari rem Anda yang sering harus dikocok.

Setiap minyak rem, sudah didesain untuk sesuai dengan suatu keadaan dan panas mobil tertentu. Jika kita menggunakan minyak rem rekomendasi manufacturer, maka saya bisa memastikan kondisi panas dan penguapan minyak rem akan jauh lebih sedikit. Karena minyak rem tersebut sudah dikondisikan secara tepat dengan jenis mobil Anda.

Lain halnya jika Anda membeli minyak rem jenis atau merek lain, maka Anda akan menemukan bahwa minyak rem Anda sering habis dan nantinya rem Mobil harus dikocok.

Lihat Juga; Daftar Club Mobil Indonesia

2 Master Rem Memang Sudah Lemah

Masalah yang kedua ini, terjadi karena memang master rem yang Anda miliki memang sudah waktunya untuk diganti. Coba ingat-ingat kapan sih Anda mengganti master rem ini?

Sebagai informasi, untuk sebuah mobil yang dipakai normal hanya bulak balik ke kantor yang tdk begitu jauh maka master rem ini bisa bertahan sekitar 1-2 tahun. Namun untuk mobil yang hobby dipakai touring atau melewati jalan menurun dan menanjak maka waktunya bisa lebih singkat.

Bagian-bagian yang biasa kena dan dapat diganti duluan adalah yang Sealnya baik yang seal di Master Rem atau yang di Wheel Cylinder.

3 Piston Rem Sudah Lemah

Kalau Masalah 1 dan 2 tadi sudah diatasi dan ternyata tidak terjadi perubahan (rem Anda harus tetap dikocok), Yah maka mungkin inilah yang sudah menjadi nasib ente gan hehe.. Si Pistonnya tuh udah minta diganti. Kalau yang ini ane angkat tangan dah, mending ente bawa ke bengkel besar aja, atau kalau bisa bengkel dari manufacturer sehingga dapat diganti dengan yang ori. Oh iya kalau ente mau berhemat ada baiknya ente gaul sama anak club mobil sejenis, mereka biasanya punya bengkel custom atau luaran yang recomended banget seperti bengkel langganan anak HJS yang selalu punya stok sparepart ori (Ga Tau juga tuh datangnya dari mana masih misteri).

Lihat Juga : Honda Jazz Society “Club Mobil Paling Friendly”

Sedikit Tips Tambahan Untuk Menghindari Hal ini

1 Selalu Gunakan Minyak Rem Original atau Yang Disarankan oleh manufacturer

2 Selalu Periksalah kondisi minyak rem Anda, jangan sampai kosong

3 Bersihkan dan atur ulanglah Rem Anda setiap 10ribu Kilometer

 

nah dengan begitu mudah-mudahan rem sobat disini bisa lebih awet dan terhidar dari masalah kocok mengocok hehe..

 

Honda Jazz Club Indonesia

Author: 

HJS adalah Club mobil yang siap menerima Anda dengan penuh persahabatan. Siapa saja boleh ikut kok selama punya honda jazz. :)

Related Posts

Leave a Reply