Modus Kejahatan Mobil Yang Harus Diwaspadai

Category : Keamanan Pada Mobil, Tips Mobil
Modus Kejahatan Mobil Yang Harus Diwaspadaiby HJS_Adminon.Modus Kejahatan Mobil Yang Harus Diwaspadai4 Modus Kejahatan Mobil Yang Harus Di Waspadai Di Kota-kota besar seperti jakarta, hampir setiap hari kita akan mendengar adanya berita kejahatan yang terkadang terjadi tidak jauh dari tempat kita tinggal. Kejahatan yang biasa terjadi setiap hari salah satunya adalah kejahatan terkait dengan kendaraan bermotor, khususnya mobil. Mulai dari aksi perampokan, pencurian, hingga penipuan. Sedia payung sebelum hujan, […]

4 Modus Kejahatan Mobil Yang Harus Di Waspadai

hati-hati kejahatan pada mobil bisa terjadi dengan modus yang tidak terpikirkan

Di Kota-kota besar seperti jakarta, hampir setiap hari kita akan mendengar adanya berita kejahatan yang terkadang terjadi tidak jauh dari tempat kita tinggal. Kejahatan yang biasa terjadi setiap hari salah satunya adalah kejahatan terkait dengan kendaraan bermotor, khususnya mobil. Mulai dari aksi perampokan, pencurian, hingga penipuan.

Sedia payung sebelum hujan, begitualah kata pepatah. Yang artinya kita lebih baik mencegah terjadinya kejahatan tersebut daripada menanggung resikonya. Nah oleh karena itu, disini di Honda Jazz Society, kali ini kita akan membahas tentang 13 modus kejahatan yang biasa terjadi di sekitar kita. Adapun maksud dari kami menyajikan artikel tentang hal ini adalah supaya para pengendara lebih waspada terhadap kejahatan, karena hal ini bisa terjadi pada siapa saja.

Berikut ini adalah daftar dari kami yang bisa Anda waspadai :

1 Modus Anda Di Bilang Menabrak

Kejahatan yang satu ini pada awalnya akan dimulai dengan penipuan. Biasanya yang diincar adalah anak muda atau remaja yang masih bertampang lugu dan membawa mobil yang kelihatannya cukup baru.

Korban akan diberhentikan oleh sejumlah pelaku bahkan dicegat dan bilang pelaku akan menuduh korban telah menabrak salah satu anggota keluarga pelaku. Korban akan panik dan berdebat dengan pelaku, hingga tidak sadar pelaku telah bertambah banyak dengan datangnya teman-teman pelaku. Dan akhirnya si korban bisa jadi diperas atau malah diambil harta bendanya yang ada di dalam mobil.

Untuk menghindari modus semacam ini, jika ada pelaku yang tiba-tiba menuduh yang macam-macam, maka disarankan Anda untuk mencari kantor atau pos polis lalu berhenti. Dengan alasan mari ngobrol dikantor polisi. Nah dengan begitu biasanya si penjahat tadi langsung ngacir karena takut ditangkap.

Lihat Juga : Tips Mencegah Mobil Hilang Saat Diparkir

2 Modus Mobil Ngebul

Kalau modus kejahatan yang kedua ini masih sama, yakni diawali oleh penipuan. Modus seperti ini biasa terjadi di daerah pegunungan atau puncak. Jadi ketika terjadi kemacetan, knalpot mobil Anda akan disiram oleh air, sehinggaa berasap parah. Nantinya akan ada orang datang dan bilang mobil Anda rusak. Lalu Anda akan mulai menepi, tidak lama ada orang berpura-pura membantu memeriksa kap mobil sambil menyiram air di mesin yang panas.

Tentu saja hal tersebut akan membuat adanya kepulan asap uap air. Lalu korban akan panik dan akhirnya tertipu bujuk rayu pelaku untuk di derek. Nah disanalah, Anda terkena modus dan hasilnya Anda keluar uang padahal mobil Anda tidak kenapa-kenapa. Parahnya lagi, kalau Anda tiba di bengkel pelaku dan disana diperas macam-macam, bisa amsyong deh.

Untuk menghindari kejahatan yang satu ini, ketika Asap mengepul dari knalpot dan tiba-tiba ada orang yang riweuh memberitahukan hal tersebut. Maka Anda bisa mencari pom bensin terdekat. Berhentilah disana, lalu periksalah (Pastikan saat keluar mobil semua pintu terkunci). Lalu saat ada yang pura-pura bantu mau periksa tutuplah kap mobil lalu bilang tidak usah. Tunggulah sekitar 20 menit lalu starter mobil Anda lagi, jika tidak ada asap yang berlebihan seperti sebelumnya berarti Anda telah selamat dari aksi penipuan mereka. Ingat, perhatikan sekeliling Anda pastikan mereka tidak ada disekitar sana.

Lihat Juga : Daftar Club Mobil Keren Di Indonesia

3 Modus Valet Parking

Modus kejahatan yang ini adalah salah satu jenis modus yang harus Anda waspadai khususnya bagi Anda yang sering keluar masuk tempat seperti Mall, atau hotel yang menyediakan fasilitas valet parking.

Biasanya pelaku akan menyamar sebagai pegawai tempat tersebut lalu menawarkan Anda jasa valet parking. Setelah duduk di kemudi, pelaku akan langsung membawa kabur mobil Anda. Dan Andapun hanya bisa gigit jari.

Dalam kejahatan yang lebih ringan, si pelaku biasanya memang akan memakirkan kendaraan Anda namu akan mengambil sesuatu yang berharga di mobil Anda.

Untuk menghindari modus semacam ini, janganlah memakirkan kendaraan Anda dengan jasa valet parking. Parkirkanlah sendiri, karena selain Anda tahu dimana posisi mobil Anda diparkir, barang-barang dimobil juga jadi lebih aman dari penjambret yang berlaga sebagai parker.

Lihat Juga : Profil Rio Haryanto Sang Pembalap RI yang masuk F1

4 Modus Telur

Kejahatan kali ini cukup unik dan kabarnya terjadi di kota-kota besar seperti jakarta. Jadi intinya si pelaku akan melemparkan beberapa butir telur ke kaca depan. Sehingga otomatis kita akan menyalakan wiper disertai dengan semprotan air.

Lalu karena jalan tidak terlihat kita akan berhenti untuk mengelap kaca mobil depan. Dan saat itulah para pelaku yang biasanya lebih dari satu orang akan tiba-tiba datang dan mengambil barang di mobil Anda yang kebetulan lupa Anda kunci.

Cara pencegahannya adalah, Ketika ada yang melempar telur pada kaca depan Anda sebaiknya tidak langsung menyalakan wiper. Namun Anda bisa diam dahulu menganalisis keadaan. Lalu Anda bisa melipir ke Pom bensin terdekat. Pas keluar mobil pastikanlah semua langsung Anda kunci, lalu carilah lap dan sabun. Kemudian bersihkanlah kaca depan Anda. Dengan begitu si pelaku akan frustasi dan tidak jadi mengambil barang-barang di mobil Anda.

 

Sekian Informasi tentang cara modus kejahatan pada mobil dan cara mencegahnya. Mudah-mudahan dapat membantu sobat sekalian.

 

Salam ganteng,

 

 

Bang Kucen

 

Honda Jazz Club Indonesia

Author: 

HJS adalah Club mobil yang siap menerima Anda dengan penuh persahabatan. Siapa saja boleh ikut kok selama punya honda jazz. :)

Related Posts

Leave a Reply