Cara Nyetir di Tanjakan Untuk Pemula

Category : Keamanan Pada Mobil, Tips Mobil
Cara Nyetir di Tanjakan Untuk Pemulaby HJS_Adminon.Cara Nyetir di Tanjakan Untuk PemulaCara Mudah Menaklukan Tanjakan Untuk Pemula Mendaki tanjakan adalah salah satu hal yang harus dikuasai oleh seorang pengendara mobil. Karena selain dia pasti akan menemui hal ini, nyetir saat ditanjakan juga akan jadi salah satu bahan ujian kalau kita mengambil SIM A di kantor polisi (Kecuali ente mau nembak). Tapi asli deh yang namanya belajar […]

Cara Mudah Menaklukan Tanjakan Untuk Pemula

cara menanjak pake mobil yang benar

Kalau masih pemula jangan coba coba ke tanjakan macam begini

Mendaki tanjakan adalah salah satu hal yang harus dikuasai oleh seorang pengendara mobil. Karena selain dia pasti akan menemui hal ini, nyetir saat ditanjakan juga akan jadi salah satu bahan ujian kalau kita mengambil SIM A di kantor polisi (Kecuali ente mau nembak).

Tapi asli deh yang namanya belajar nyetir di tanjakan itu gampang-gampang susah namun mau ga mau harus dikuasai. Sebab kita pasati deh akan menemukan satu atau dua tanjakan atau kondisi dimana si mobil harus berhenti ditanjakan. Jadi, daripada membahayakan diri sendiri dan orang lain sobat HJS wajib mugholadoh untuk bisa nih.

Jangan lewatkan : Modus baru Curanmor

Jangan Panik, Stay Cool

Hal pertama yang harus sobat ingat adalah ketika sobat mengendarai mobil di tanjakan sobat jangan panik. Tetaplah tenang dan ikuti hapalan sobat tentang mengendalikan mobil di tanjakan. Kaki kanan injak rem, kaki kiri injak kopling lalu segera pindahkan ke gigi satu. Kemudian segera pindahkan kaki kanan ke pedal gas dan injak perlahan saja sambil melepaskan kopling.

Selalu Ingat Setelan Mobil sobat

Tidak ada takaran pasti dalam melepas ataupun menekan gas ketika di tanjakan karena yang tahu pasti tentang ukurannya sudah pasti adalah sobat sendiri selaku pemakai kendaraan tersebut. Yang penting sobat sudah mendapatkan feelnya ketika mengemudikan mobil yang sobat miliki tersebut.

Tarik Gas sedikit demi sedikit

Jangan tarik gas di gigi satu sekaligus karena mobilnya bisa ngajol. Sobat bisa menariknya sedikit demi sedikit namun jangan terlalu kecil juga karena bisa jadi tuh mobil malah jadi mundur. Dan yang sering banget kejadian adalah kita ini lupa melepas kopling jadi perasaannya lho ni mobil ga mau maju. Eh pas lepas malah kebablasan dan nabrak tukang bakso haduh..

Lihat Juga : Cara Mengendarai mobil saat hujan

Belajar Nanjak Menggunakan rem tangan

Jika sobat tidak cukup cepat dalam memindahkan gigi dan menekan pedal gas, sobat bisa mencoba menanjak dengan cara yang ini. Sobat buat kaki kanan std by di pedal gas dan kaki kiri segera menginjak kopling, atur gigi ke arah gigi satu lalu tangan kiri bersiap melepas rem tangan yang sobat aktifkan.Untuk mulai berjalan injak pedal gas sedikit demi sedikit sambil kurangi injakan pedal kopling. Turunkan rem tangan perlahan. Ketika sudah berjalan pastikan rem tangan sudah benar-benar tidak aktif.

Kelebihan dari menggunakan rem tangan ini sobat tidak akan merasakan pegalnya terus menerus menekan pedal gas dan rem secara bersamaan dan sobat juga tidak akan merasakan sentakan saat pertama berjalan setelah berhenti di tanjakan.

Yang harus sobat pastikan adalah ketika berjalan jangan sampai si rem tangan masih aktif karena bisa merontokan gigi si mobil. Ditambah lagi rem tangan sobat harus benar-benar pakem sehingga tidak ada kemungkinan mundur saat berhenti di tanjakan.

Lihat juga : Cara memperbaiki rem yang berbunyi

Akhir kata tentang cara menanjak ini

banyak-banyak saja berlatih dan jika sobat belum lancar dalam membawa mobil, pastikan di sebelah sobat ada orang yang berpengalaman dalam menyetir mobil ,sehingga sobat tidak panik saat harus berhenti di tanjakan. Sekian informasi dari hondajazzsociety tentang cara mengendarai mobil di tanjakan.

Btw kalau sobat merasa nyetir di tanjakan itu sulit. Sobat mungkin bisa memilih menggunakan mobil matik. Karena tinggal gas rem aja udah deh terlepas dari masalah tanjakan.

Salam ganteng

 

Bang Dolan

 

Honda Jazz Club Indonesia

Author: 

HJS adalah Club mobil yang siap menerima Anda dengan penuh persahabatan. Siapa saja boleh ikut kok selama punya honda jazz. :)

Related Posts

Leave a Reply