6 Tips Mengemudi Saat Hujan

Category : Tips Mobil
6 Tips Mengemudi Saat Hujanby HJS_Adminon.6 Tips Mengemudi Saat Hujan6 Tips Mengemudi Saat Hujan Indonesia adalah negara agraris dengan dua musim utama, yakni musim penghujan dan musim kemarau. Biasanya masing-masing musim memiliki waktunya sendiri-sendiri dan teratur datangnya macam datang bulan. Namun karena adanya pemasan global, tentunya kita sepakat bahwa sekarang cuaca di Indonesia sudah sangat sulit diprediksi. Kalau kita lihat di Android ada ramalah […]

6 Tips Mengemudi Saat Hujan

Gunakan air yang tidak mengandung mercuri

Tips Utama! yang Jelas kalau hujan jangan gunakan open top car

Indonesia adalah negara agraris dengan dua musim utama, yakni musim penghujan dan musim kemarau. Biasanya masing-masing musim memiliki waktunya sendiri-sendiri dan teratur datangnya macam datang bulan. Namun karena adanya pemasan global, tentunya kita sepakat bahwa sekarang cuaca di Indonesia sudah sangat sulit diprediksi. Kalau kita lihat di Android ada ramalah cuaca hujan, eh ternyata panas. Dan kita lihat ramalan cuaca panas eh hujan. Jadi serba salah juga nih.

Mau Ujan Atau Panas Tetap Harus Bersyukur

Nah mau ujan atau panas, inget deh kata Ustad Yusuf Mansur bahwa kita ni sebagai manusia harus bersyukur jangan suka mencaci cuaca. Karena masing-masing sudah diatur oleh ALLAH tuhan pemilik semesta alam. Apalagi kalau hujan kita tuh harusnya banyak berdo’a dan minta sebab saat itu pintu langit dibuka dan do’a lebih didengar.

Tips Dari bang Dolan ketika Mengemudi Saat Hujan

Oke selesai nih tausiyahnya, sekarang bang dolan mau berbagi tips sama sobat tentang cara mengemudi saat hujan. Btw kalau ada diantara teman-teman yang punya tips tambahan bang dolan terbuka aja kok silahkan ditambah.

1 Jauhkan pengganggu

Ingat, saat hujan fokus kita akan berkurang sebab ada ayunan wiper dan juga hujan yang mengurangi pandangan jalan. Sehingga kita harus lebih fokus lagi karena salah sedikit bisa selip atau bahkan masuk ke got. Makanya disarankan untuk menyingkirkan semua pengganggu, salah satunya handphone. Pastikan di Silent, jangan malah asyik telpon-telponan karena itu bisa jadi sumber mala petaka.

Kalau ada tivi di mobil, matiin aja bos.. jangan malah sibuk nonton tivi ingat seasik apapun film Elif (Ce elah kayak emak-emak nontonya elif) kita harus lebih peduli pada keselamatan diri kita sendiri ya, makanya singkirkan semua penganggu kalau perlu kasihin tuh handphone sama tivi ke bang dolan hehehe (Suuiiit ada yang nimpuk sendal).

lihat juga : Daftar Club Mobil Unik di Indonesia

2 Jaga Jarak Bro

Ingat saat jalan hujan kita harus selalu menjaga jarak dengan mobil di depan kita. Karena saat hujan yang namanya rem bisa jadi ga begitu pakem. sehingga dari pada digebugin orang gara-gara kita nabrak lebih baik jaga jarak aja. kalau ada motor yang sulap salip yah sabar aja sob, ini Indonesia motor disini emang udah kayak laler.

Pastikan jarak sobat dengan mobil di depan sobat adalah sekitar 1 Kilometer (Gubrag) bohong deng cukup sekitar 50 meter aja. Sehingga kalau terjadi selip ente bisa jaga-jaga deh gan. So semua stay safety :).

3. Jangan Ngebut

Ini bro penting banget buat diingat saat nyetir dikala hujan.Sebab jalanan indonesia itu bagus banget deh kadang-kadang ada variasi ombak dan danau ditengah jalan. Yang kalau kita ga hati-hati mobil bisa terjebak dalam genangan yang dalam Udah gitu sobat juga jangan suka melipir atau deket-deket dengan pinggir karena bisa jadi itu jalan berlobang yang ketutupan air jadinya bisa nyeblos deh itu ban kalau deket-deket.

Lihat Juga : Film Baru Marvel : Civil war

4. Pake Anti Wet untuk Kaca Jendela

Wah ga terasa nih udah sampe tips ke empat, Untuk jendela Anda, silahkan gunakan Anti Wet agar kaca depan anda tidak terlalu basah jadi anda masih bisa dengan jelas melihat jarak kendaraan didepan Anda. Oh iya baru inget namanya itu cairan isolator bro.

5 Kalau Melewati Banjir

Nah untuk daerah yang kena banjir, selalu pastikan sobat yakin dahulu sampai setinggi apa sih banjir yang akan sobat terjang. Apakah banjir tersebut masih lebih rendah dari posisi knalpot? Jika banjir yang terjadi lebih tinggi dari knalpot dan sobat sedang buru-buru, sobat bisa menjalankan mesin kendaraan sobat dengan gigi rendah dan menjaga agar gas tetap keluar. Jangan sampai berhenti ngegas di jalan karena nanti air bisa masuk ke knalpot dan nyampe ke mesin dan hasilnya mogok akan menanti sobat.

Lihat Juga : Cara Mendeteksi Rem yang Berbunyi 

6 Nyalakan AC

Tips Terkahir dari bang dolan adalah sobat harus menyalakan AC, Haduh om ngapain sih ujan-ujan nyalain AC? Fungsinya adalah untuk mencegah embun ada dibagian dalam mobil sehingga bagian dalam sobat masih bisa lihat arah mobil dan jarak di depan dengan jelas.

 

Sekian tips mengemudi dikala hujan dari HJS. Nantikan juga tips-tips kami lainnya ya :)

 

Salam Honda Jazz

 

Bang Dolan

Honda Jazz Club Indonesia

Author: 

HJS adalah Club mobil yang siap menerima Anda dengan penuh persahabatan. Siapa saja boleh ikut kok selama punya honda jazz. :)

Related Posts

Leave a Reply